Langsung ke konten utama

Cara merawat kamera DSLR dengan baik

Oke , kali ini dulursembong akan membahas tentang cara merawat atau menjaga agar kamera DSLR kalian tetap awet dan tahan lama, tentunya kalian gak mau kan kamera yg kalian sayangi baru 3 bulan dibeli terus udh mulai keluar tanda-tanda eror. nah simak caranya dibawah yaa..

1. Jaga Kebersihan Lensa Kamera


lensa kamera tentu sangat penting, dan harus selalu dijaga kebersihannya, walaupun tidak digunakan.
Bersihkan lensa kamera dengan kit cleaning,bisa juga dengan cairan pembersih khusus. Tips buat kalian, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa kamera , tapi semprotkan terlebih dahulu ke lap microfiber , baru usapkan ke seluruh permukaan lensa kamera.

2. Jauhkan Kamera Dari Air

Walaupun kamera DSLR sobat sudah waterproof atau wheater sealed, usahakan tetap menjauhkan kamera dari air, karena DSLR sangat sensitif terhadap air, terutama bagian komponen internal kamera anda.

3. Gunakan Tas Khusus Untuk Membawa Kamera


Saat sobat ingin hunting foto gunakanlah tas khusus kamera DSLR karena dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya, yang akan menjaga kamera dari benturan . juga terdapat ruang khusus untuk menyimpan charger , lensa , filter , dan perlengkapan yang mendukung aktivitas fotografi sobat.
Hindari juga memasukkan kamera DSLR ke dalam tas biasa atau ransel , karena tas tersebut tidak dilengkapi pengaman untuk menjaga kamera tetap berfungsi dengan baik.

4. Bersihkan Body Kamera Secara Berkala


Usahakanlah agar tetap merawat body kamera DSLR sobat menggunakan minyak kayu putih , karena minyak kayu putih memiliki kandungan air yang sedikit dan lebih cepat kering.
Tapi sekarang sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera, alangkah lebih baiknya menggunakan cairan itu, Tuangkan cairan tersebut ke atas kain halus kemudian oleskan ke seluruh body kamera. jangan lupa untuk membersihkan karet ring zoom dan ring fokus pada kamera, bagian inilah yang sering terlewatkan saat seseorang membersihkan kamera.

5. Lengkapi Lcd Dengan Pelindung layar

Seperti halnya dengan smartphone , layar kamera juga harus dilengkapi dengan screen guard atau pelindung layar , ini akan menjaga layar kamera sobat dari segala jenis goresan atau sidik jari ,dan untuk melindungi layar dari air ataupun debu.

6. Pasang Filter Untuk Melindungi Lensa

Agar kamera DSLR sobat tetap awet jangan lupa untuk memasang UV filter pada lensa , dan UV filter ini tidak akan mempengaruhi kualitas jepretan sobat.

7. Pasang Lens Hood Pada Lensa
Fungsi dari lens hood itu sendiri adalah untuk mencegah cahaya berlebih masuk kedalam sensor kamera , dan apabila cahaya terlalu sering masuk ke dalam sensor tersebut maka kepekaan sensor akan berkurang. oleh karena itu, saat sobat hunting foto pada siang hari selalu gunakan lens hood , dan harga lens hood tidak terlalu mahal .

8. Perhatikan Perawatan Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera Anda biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jadi, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan sobat harus segera mengganti baterai tersebut. 
Cara merawat kamera DSLR agar baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila sobat sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.


9. Gunakan Shoulder Strap Saat Mengambil Foto



 sobat harus menggunakan shoulder strap saat sedang membidik gambar di mana pun sobat berada. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat sobat sedang mengambil foto. Karena kita tidak pernah tahu apa hal yang akan terjadi, shoulder strap menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman sobat. Harga shoulder strap ini murah, tapi mampu melindungi kamera secara optimal.

10. Simpan Kamera Di Dry Box 


Dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera. Dry box juga bermanfaat untuk melindungi kamera DSLR agar tidak jamuran. Karena menyimpan kamera di tempat yang lembab dapat membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.



Nah,, itulah tips yang dapat digunakan untuk merawat kamera DSLR agar tetap awet. semoga bermanfaat .



Komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Tape Recorder dan Kaset

 Berikut adalah cara merawat tape recorder 1. Jangan pernah menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis (masih terdapat pita hitam). Pastikan kaset tersimpan dalam kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset. 2. Kebiasaan menyimpan kaset di dalam tape bukanlah hal yang baik. Head tape adalah medan magnet yang bisa membuat koleksi kaset mengalami perubahan suara naik turun. Setelah didengarkan, keluarkan segera kaset dan simpan pada kotaknya. 3. siapkan rak khusus koleksi kaset dengan sirkulasi udara yang baik. Berikan rongga antar kaset, sehingga meminimalisir koleksi dari resiko terkena jamur. Jika sudah dempet-dempet dan salah satu koleksi kena jamur, biasanya nular ke koleksi lain. Merawat Cassette 1. Cara membersihkan pita dari jamur. Jika terlalu lama tak distel, pita kaset biasanya jamuran, yang membuat suaranya mendem jika diputar. Untuk membersihkannya ada beberapa cara. Cara teraman adalah distel bolak-balik sampai jamurnya

Cara Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Awet

 Merawat komputer / laptop agar tetap awet merupakan tips yang  banyak dicari orang, karena sangat membantu kepemilikan perangkat komputer dan laptop sehingga tetap awet. Di era yang serba modern ini hampir semua orang memiliki perangkat komputer ataupun perangkat lapatop, namun tidak sedikit yang tahu cara merawatnya. Nah kali ini dulursembong akan membagikan tips untuk anda yang sedang kebingungan untuk merawat komputer / laptop agar tetap awet, sebaiknya simak ulasan berikut ini secara baik- baik,  1. Rajin membersihkan CPU pada Komputer Bersihkan secara berkala atau terjadwal komputer anda dari debu-debu yang menumpuk,minimal 2 bulan sekali pada CPU anda. 2. Hindari internet saat hujan Pemakaian internet pada saat hujan sangatlah berbahaya, terutama saat hujan lebat, karna sangat berisiko tersambar petir. 3. Pasang Program Seperlunya Hardisk akan bekerja lebih keras saat komputer anda terlalu banyak memasang aplikasi yang tidak dibutuhkan, maka sebaiknya